Sabtu, 08 Agustus 2015

Candi Kidal


Candi Kidal terletak di desa Kidal kecamatan Tumpang kabupaten Malang. Lokasi ini sangat dekat dengan bandara Abdul Rahman Saleh Malang sehingga bagi anda yang menempuh perjalanan dengan pesawat, coba untuk mencari kota Malang untuk mencapai lokasi candi ini.
Candi yang masih lumayan terpelihara ini adalah konon lokasi makam Anusopati yang kebetulan dalam sejarah Ken Arok, beliau ini sempat berseteru dengan sang raja, suami ratu Ken Dedes ini. Namun karena pada kegigihan para insan Jawa di jaman dahulu, membangun sebuah candi adalah puncak sebuah prestasi manusia Jawa. Candi adalah tempat beribadah, tempat bersemedi dan bahkan tempat bersemayam. Candi Kidal inilah tempat bersemayam sang Prabu Anusopati.
Seorang teman yang sangat paham menekuni sejarah dan kearifan candi, mengatakan bahwa prabu Anusopati terlihat disana berdiri di kamar mungil dalam candi utama. Beliau mengenakan mahkota yang indah bertahtakan permata.
Untuk menuju candi yang masih berada di lokasi alami, masih dikelilingi pohon besar dan sawah, cukup mudah. Anda cukup menuju kota Malang saja dan gunakan angkot yang banyak berada di terminal Arjosari Malang. Mudah kan. Namun anda cukup berhati2 juga dengan para calo di terminal yang kadang menyesatkan.
Candi ini pun cukup dikenal karena keberadaanya yang dekat dengan candi Jago yang lebih dahulu ada dibangun di lokasi pusat kecamatan Tumpang. Untuk candi Jago, bedanya adalah pada fungsinya. Candi Jago adalah lokasi untuk bersembahyang.
Mudah-mudahan informasinya bermanfaat yaa..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar